Saturday, February 7, 2015

Tears of The Sun [m-2003]




a. Quote


"War does not determine who is right - only who is left." - Bertrand Russell (1872-1970)






b. Review Plot

Satu tim SEAL[1] dari Angkatan Laut Amerika (U.S. Navy SEAL) ditugaskan ke pedalaman Nigeria yang saat itu sedang dalam keadaan perang dan situasi semakin genting. Letnan A.K. Waters (Bruce Willis) memimpin regu kecilnya berjumlah 7 orang dengan misi utama mengevakuasi seorang dokter relawan bernama Lena Fiore Kendricks (Monica Bellucci), dan misi sekunder adalah seorang pendeta dan dua orang biarawati.  Kendricks seorang wanita Latin yang telah mendapatkan kewarganegaraan Amerika karena pernah menikah dengan seorang pria Amrik.

Misi sederhana itu dapat diselesaikan dengan mudah kalau saja pasukan kecil itu tetap bertahan pada rencana semula, mengevakuasi target yang hanya 4 orang itu. Namun, Waters kemudian mengubah misinya, setelah melihat bagaimana perang dilaksanakan oleh pihak-pihak terlibat di sana, dan mereka harus meluangkan tempat untuk 70an orang lain yang harus lari dari kekejaman perang. Kebijakan utama dan pertama untuk ‘tidak terlibat’ terpaksa dilanggar oleh Waters. Keputusan ini sempat mendapat tentangan dari beberapa anggota pasukannya, tapi mereka tetap ‘brothers at arms’.
“Apa yang kau lakukan?” Tanya Zee (Eamonn Walker), salah satu anggotanya. “Misi baru?”
“Ini tetap misi yang sama.”

c. Trailer





d. Kata Saya
Ini salah satu dari filem yang layak dikenang. Bahkan setelah lebih dari satu dekade sejak dirilis, dan telah saya lihat beberapa kali, filem ini tetap asik dijadikan tontonan. Jalan ceritanya bagus, aksi dan koreografi perang yang apik, juga orang-orang yang terlibat bisa menjadi jaminan hiburan yang menarik
Bruce Willis, sebuah nama yang selalu bisa menimbulkan daya tarik tersendiri pada sebuah filem. Filem Tears of the Sun[2] yang diproduksi Willis melalui rumah produksinya, Cheyenne Enterprise ini terbukti mampu memenuhi ekpektasi seorang penggemar filem pada genre perang dari seorang sekaliber Willis. 



Selain Willis, Belluci juga menawan. Dan sutradaranya, Antoine Fuqua adalah juga jaminan bagi tontonan berkualitas. Fuqua terakhir kita kenali melalui perannya sebagai pengarah pada filem The Equalizer [Columbia Pictures | 2014] yang dibintangi Denzel Washington (saya mencatat filem tersebut di sini). Karya Fuqua lainnya antaranya adalah, Training Day [Denzel Washington, Ethan Hawke | WarnerBros. Pictures | 2001], Shooter [Mark Wahlberg, Danny Glover | Paramount Pictures | 2007], The Replacement Killers [Chow Yun Fat, Mira Sorvino | Columbia Pictures | 1998], Olympus Has Fallen [ Gerard Butler, Aaron Eckhart, Morgan Freeman | FilmDistrict | 2013], dst.
Filem ToS ini tentu saja mempromosikan kehebatan pasukan elite SEAL yang ‘ramping’ dalam kemampuan mereka menyusup masuk ke belakang garis musuh, mengeksekusi misi, dan keluar dengan sukses. Keputusan untuk terlibat peranglah yang akhirnya menyebabkan kerugian jiwa pada tim yang dipimpin Waters.
Filem ini, menunjukkan sisi memilukan dari perang, dan kenapa manusia tidak bisa membiarkan saja perang terjadi, terlebih ketika pada keadaan tertentu perang akan menjadi lahan pembantaian. Tentu saja dalam filem ini, Waters dan timnya (mewakili Amerika) adalah para pahlawan, terlebih karena mereka tidak berkewajiban terlibat, bahkan terlarang oleh perintah resmi dari rantai komandonya.

e. Sambutan
Pada kunjungan Sabtu (07/02/15) 1945WIB, IMDb telah mendapat peratingan dari hampir 83ribu user dengan rata-rata rating sebesar 6.6/10. Review telah dibuat oleh 388 user.
Pada tmdb, filem ini mendapat rata-rata rating 6.7/10 dari 181 vote yang telah ditinggalkan.
Di metacritic, metascore berada pada angka 48 yang didasarkan pada 36 kritk yang telah dibuat. User score berada pada rata-rata nilai 6.7/10 dari 61 pendapat.
Di situs Rotten Tomatoes, filem ini mendapat nilai mengecewakan. Tomatometer berada pada angka 33% dengan rata-rata rating sebesar 4.9/10 dari 150 review yang terhitung. 70% Audiens menyatakan menyukai filem ini dengan rata-rata rating audiens sebesar 3.4/5 berdasarkan lebih dari 119ribu pendapat yang telah ditinggalkan.


f. Info


g. Catatan
[1] SEAL (lengkapnya U.S. Navy SEAL) adalah pasukan operasi khusus Angkatan Laut Amerika Serikat. SEAL singkatan dari Sea, Air, Land, merupakan bagian dari Naval Special Warfare Command and United States Special Operations Command. Mulai beroperasi sejak 1 Januari 1962.
[2] Tears of The Sun awalnya adalah sub-judul untuk seri ke 4 filem Willis lain, Die Hard yakni Live Free or Die Hard.



h. Sumber dan Saran Kunjungan









komen fb
0 komen g
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 comments:

Post a Comment