Wednesday, December 24, 2014

Trivia : Edgar Allan Poe dan QS. Al - A'raaf



Poe adalah seorang penulis puisi, cerpen, dan novel berkebangsaan Amerika. Lahir pada 19 Januari 1809 di Boston, Massachusetts, AS., meninggal dalam usia 40 tahun pada 7 Oktober 1849 di Baltimore, Maryland, AS. Ia bekerja pada genre dark-comedy, thriller, dan lebih dikenali reputasinya pada karya-karya horor. Ia telah menjadi salah satu inspirator bagi penulis-penulis horor setelahnya. Salah satu karyanya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berjudul asli "The Pit and The Pendulum" (terbit pertama kali pada 1842), dalam edisi terjemahan Indonesia oleh Sastra Kumala [1980] berjudul Orang-orang Sinting.


Siapa nyana, sebelum usianya genap 15 tahun (demikian sebagaimana diakuinya) Poe telah menulis puisi berjudul Al Aaraaf yang diilhami dari cerita dalam surah Al A'raaf dalam Al Qur-an. Puisi Poe ini terdiri dari 422 baris, menjadi puisi terpanjang yang pernah ditulisnya. Karyanya ini pertama kali diterbitkan pada 1829 sebagai puisi utama dalam koleksi bertajuk "Al Aaraaf, Tamerlane, and Minor Poems". Illustrasi untuk Al Aaraaf dalam koleksi ini dibuat oleh W. Heath Robinson. Karya Poe ini menceritakan kisah kehidupan setelah mati sebagaimana termuat dalam QS. Al-A'raaf.



Buku antologi tersebut, dan "Al Aaraaf" secara terpisah menulang banyak kritik negatif dari segi kompleksitas, referensi yang 'tidak jelas', dan struktur penulisan yang aneh. Perlu untuk membaca tulisan Poe ini sebelum memutuskan sikap terhadap review-review tersebut, terutama pada bagian "referensi yang tidak jelas" itu.







Terimakasih telah mengunjungi.

komen fb
0 komen g
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 comments:

Post a Comment