Friday, December 5, 2014

Menduitkan Blog dan Situs [Bagian 1]


Dunia maya adalah kenyataan baru. Dan Anda bisa dapat uang darinya.

a. Prelude

Website dan blog bisa dijadikan sarana untuk menyalurkan hobi menulis fiksi maupun nonfiksi, berhubungan dengan penghuni dunia maya lain dari seluruh dunia, berbagi informasi, dan interaksi sosial lainnya. 

Dunia maya sendiri tidak lagi “maya”, dunia maya adalah kenyataan baru. Dan Anda bisa dapat uang darinya. Laman web dan blog Anda berpotensi menambah gemuk kantong Anda. 


Berikut adalah beberapa program yang menawarkan revenue kepada webmaster dan blogger.

b. Review

b.1. google adsense

Google telah menciptakan program advertising yang memungkinkan blogger dan webmaster untuk memasang iklan pada blog dan situs web mereka. Sistem ini disebut adsense. Seseorang harus memiliki semacam identitas adsense untuk dapat memasang scrypt iklan adsense di situs yang mereka kelola. Seseorang yang mendapat identitas ini disebut juga ‘adsense publisher’. Namun untuk menjadi seorang adsense publisher tidaklah mudah, google merumuskan persyaratan yang sangat ketat termasuk terkait trafik, konten, dan juga intellectual property. Namun hal ini sebanding dengan revenue yang dijanjikannya. Seorang Frank Jovine pada Maret 2010 lalu menulis di situsnya  bahwa dari iklan google saja setiap bulannya beliau berhasil mendapatkan rata-rata US$506.43. Jika dirupiahkan dengan kurs semasa Rp12.000,- maka itu berarti lebih dari Rp6juta! Itu rata-rata bulanan lho! Menggiurkan? Tentu saja!

Berikut skrinsyut dari laporan google adsense yang saya dapat dalam pencarian google. Dengan pendapatan harian untuk hari tersebut sebesar US$100.62 (>Rp1.200.000,- untuk SATU HARI! Hehe.). Klik untuk melihat gambar yang lebih besar.


Dan berikut juga testimoni dalam bentuk gambar cek dari penikmat manfaat google adsense.


:) Sekali lagi: menggiurkan! Sebanding dengan rumitnya persyaratan menjadi seorang publisher.


b.2. AdsenseCamp

AdsenseCamp adalah program PPC (pay per click) bikinan lokal Indonesia. Namanya memang mirip-mirip program milik google. Pengembang malah menyebutnya sebagai "adsense Indonesia". Dalam situs resminya ( klik di sini)  pengelola menyebut, 
“AdsenseCamp merupakan website yang memberikan kesempatan bagi Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan menyediakan ruang pada website Anda sebagai tempat pemasangan iklan bagi advertiser. AdsenseCamp juga memberikan kesempatan kepada para Advertiser yang berkeinginan mempromosikan iklannya yang bakal disebarkan kepada web owners yang telah terdaftar di AdsenseCamp.” 
AdsenseCamp juga menawarkan sistem referral. Yakni seseorang bisa mendapatkan manfaat dalam bentuk uang bila berhasil mengajak rekan-rekannya menjadi publisher dan/atau advertiser di AdsenseCamp. 
Web owners yang bisa merekomendasikan temannya untuk bergabung di AdsenseCamp dan teman tersebut memperoleh klik atas iklan yang tampil di websitenya, maka setiap klik yang diperoleh oleh teman anda, Anda akan mendapatkan Rp. 25,- (dua puluh lima rupiah)”.


Berikut skrinsyut laporan AdsenseCamp, dapat dari pencarian google gambar dengan kata kunci "adsense camp - laporan".


Bergabung di AndsenseCamp sama sekali hampir tanpa syarat, selain memiliki sebuah situs (website atau blog) untuk menayangkan banner dari AdsenseCamp. Klik di sini untuk melihat website AdsenseCamp.


b.3. Sitti

Sitti adalah program publisher dan advertiser yang juga berbasis PPC (pay per click) yang juga berasal dari Indonesia. Beda antara Sitti dan AdsenseCamp adalah bahwa Sitti tidak memiliki program referral. Publiser hanya mendapatkan keuntungan ketika pengunjung mengeklik iklan Sitti yang ditampilkan pada situsnya. Situs Sitti ada di sini

Segera setelah Sobat bergabung di Sitti, isi profil Sobat termasuk alamat dan juga nomor rekening bank Sobat unutk keperluan pembayaran. Berikut skrinsyut dari tampilan tab [Beranda] pada akun Sitti. Mereka tanpa basa-basi, langsung kepada 'piutang' user yang belum terbayarkan dan jumlah iklan (slot) aktif  yang sedang sobat tayangkan di websitemu. Klik pada gambar untuk melihat lebih besar.




Pada tab [Daftar Slot] akan ditampilkan slot-slot ikan yang telah sobat miliki. "Slot" maksudnya adalah kode scrypt iklan sobat yang telah disetujui oleh pengembang sitti. Selanjutnya Sobat bisa membuat 'slot' iklan baru untuk ditayangkan di situs sobat. 



Setelah menekan tombol [Buat Slot Baru], jendela-jendela pop-up berikut akan muncul dalam sequence (secara berturut-turut), isi dengan info yang relevan:





Scrypt akan tersedia untuk sobat pasang di situs sobat setelah diverifikasi oleh programmer Sitti. Hampir mirip dengan google adsense dalam hal dilakukannya review situs, tapi tidak ribet sama sekali. Pada gambar berikut tampak daftar slot yang aktif dan yang sedang menunggu persetujuan pengembang di sitti.



c. Referensi dan Saran Kunjungan


d. Klosyur



Terimakasih telah mengunjungi. Semoga bermampaat. 

Note: foto kopi berasal dari sini. :)
komen fb
0 komen g
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 comments:

Post a Comment